Berita

Kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) Desa Nangkasawit

Nangkasawit (PemdesNangkasawit), Di Sela-sela pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi masyarakat Desa Jetis Khususnya, Pemerintah Desa Nangkasawit bersama Bidan Desa, BABINSA, Babinkamtibmas, Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Nangkasawit, Tim  Puskesmas Kecamatan Kejobong, Kader Kesehatan, Mahasiswa KKN IAIN Purwokerto serta masyarakat di lingkungan RT 002/ RW 001 pada hari ini, Jumat  24 Juli 2020 Kepala melakukan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di lingkungan Desa Jumpai. Kegiatan PSN Desa Nangkasawit kali ini diadakan di wilayah dusun 2 tepatnya di lingkungan RT 002/ RW 001. Kegiatan PSN dilakukan mulai pukul 08.00 Wita dan usai pada pukul 10.00 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan membrantas kejadian demam  berdarah dengan Pemberantas Sarang Nyamuk disingkat PSN. PSN adalah tindakan  pemberantasan sarang nyamuk melalui kegiatan menutup, menguras dan memanfaatkan
barang bekas yang masih bernilai (yang dikenal dengan istiah 3M). Kegiatan ini menyasar rumah tangga yang rawan jentik dengan melakukan pengecekan ulang terhadap tempat-tempat penampungan air. Dilakukan pula penaburan bubuk abate pada penampungan air yang terdapat jentik nyamuk serta dihimbau agar masing-masing rumah tangga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah timbulnya jentik nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. PSN ini dilakukan dengan kunjungan ke rumah atau tempat umum secara teratur sekurang-kurangnya setiap tiga bulan untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan jentik agar keluarga dan pengelola wilayah sekitar tetap melakukan PSN secara terus-menerus, sehingga rumah dan tempat umum bebas dari jentik nyamuk Aedes aegypti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *