Uncategorized

Monitoring Dan Evaluasi Desa Sehat Mandiri

Pada tanggal 25 juni 2020 baru saja selesai dilaksanakannya pertemuan kemitraan FKD (forum kesehatan desa) dan KPAD (Komisi Penanggulangan AIDS Kab. Purbalingga) Monitoring Dan Evaluasi Desa Sehat Mandiri. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Camat Kec. Kejobong, Kades Nangkasawit dan Sekdes Nangkasawit (Pemerintah Desa), Ketua FKD, Seketaris FKD, Bendahara FKD, serta Bidan Desa.

Sedangkan dari Puskesmas sendiri dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kejobong yang diwakili oleh Dokter Diah Kurniasih.

Kegiatan kali ini antara lain membahas tentang:

  1. Isu dan masalah kesehatan terkini terutama masalah Demam Berdarah dan pencegahan HIV/AIDSyang di sampaikan oleh dr. Diah Kurniasih.
  2. Inovasi program kesehatan terbaru dari Puskesmas yang disampaikan oleh masing – masing program salah satu diantaranya adalah Kelas SABUSI (Kelas Sayang Ibu Hamil Anemi dan Ibu Menyusui) yang diperuntukkan untuk ibu hamil anemi dan ibu menyusui serta untuk pendampingnya. Program Pembentukan desa SIDORA (Siaga Donor Darah).
  3. Sharing masalah kesehatan yang dihadapi FKD dan Pemerintah Desa.
  4. Sharing program-program kesehatan
  5. Pemberian kenang-kenangan dan plakat kepada kader FKD dengan masa bakti terlama.

Dalam acara tersebut ketua puskesmas yang di wakili oleh diah kurniasih mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan pengabdiannya kepada kader FKD (forum kesehatan desa) yang telah melaksanankan tugasnya dengan baik dan semoga selalu terus  memonitoring kebersihan dan kesehatan di wilayah tugasnya. Selain itu beliau juga menghimbau kepada seluruh kader FKD untuk selalu mengecek rumah-rumah warga di desanya agar tidak ada sarang nyamuk yang dapat menimbul penyakit demam berdarah. Di samping itu beliau menyampaikan tentang bahayanga penyakit HIV/AIDS sehingga perlu adanya pemeriksaan bagi masyarakat agar mendapatkan penanganan lebih dini.

Program Kemitraan FKD ini merupakan salah satu gerbang komunikasi antara Puskesmas dengan masyarakat karena dalam kegiatan ini Puskemas dapat menyampaikan rencana program –program kesehatan kepada para Pemerintah Desadan TIM FKD masing – masing desa. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah sharing informasi masalah dan program kesehatan serta anggaran kesehatan yang direncanakan oleh FKD masing – masing desa.

FKD merupakan mitra penting Puskesmas dalam menyampaikan segala macam informasi kesehatan dari Puskesmas, karena FKD merupakan ujung tombak kemajuan kesehatan di masing – masing desa. Sehingga tujuan akhirnya diharapkan masyarakat hidup sehat dan mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *