Desa Nangkasawit

Kec. Kejobong
Kab. Purbalingga - Jawa Tengah

Info
Selamat Datang di Website Sistem Informasi Desa Nangkasawit Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga......Media Informasi, Komunikasi dan Transparansi Publik...

Artikel

GOTONG ROYONG BANGUN JALAN USAHA TANI, BUPATI SIAP ALOKASIKAN BANTUAN KEUANGAN KHUSUS

admin desa

23 Oktober 2023

249 Kali dibuka

GOTONG ROYONG BANGUN JALAN USAHA TANI, BUPATI SIAP ALOKASIKAN BANTUAN KEUANGAN KHUSUS

Gotong-Royong-Bangun-Jalan-Usaha-Tani-Bupati-Siap-Alokasikan-Bantuan-Keuangan-Khusus-1280x640 

PURBALINGGA INFO – Warga Desa Nangkasawit, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga gotong royong membangun jalan usaha tani (JUT) bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Wakil Bupati Purbalingga Sudono dan Ketua DPRD Purbalingga H.R. Bambang Irawan, Senin (23/10/23) pagi.

Bupati mengapresiasi tingginya partisipasi dari masyarakat Nangkasawit untuk ikut bergotong royong dalam pembangunan jalan usaha tani. Bupati Tiwi berharap, semangat gotong royong masyarakat Desa Nangkasawit tetap terpelihara. Sebab gotong royong merupakan salah satu cara mengimplementasikan Pancasila.

“Alhamdulillah ternyata Bu Tiwi ngecek tadi pembangunan jalan usaha tani dikerjakan bersama-sama oleh warga. Oleh karenanya gotong royong itu harus terus diuri-uri, harus terus dilaksanakan,” kata Bupati dalam kegiatan Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) Gotong-Royong di Desa Nangkasawit.

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Tiwi juga menyerap aspirasi dari warga Desa Nangkasawit. Salah satunya adalah pembangunan jalan usaha tani yang belum rampung sepenuhnya.

“Tadi Pak Kades menyampaikan bahwa masih ada pembangunan yang masih belum rampung, yaitu pembangunan jalan usaha tani yang saat ini dalam proses penggarapan sehingga membutuhkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten agar jalan usaha tani ini bisa selesai. Oleh karenanya di tahun 2024 nanti Ibu Bupati akan memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Desa Nangkasawit,” katanya.

Gotong-Royong-Bangun-Jalan-Usaha-Tani-Bupati-Siap-Alokasikan-Bantuan-Keuangan-Khusus2-1080x608 

Sementara itu Kepala Desa Nangkasawit, Heri Sucipto, menyampaikan bahwa jalan usaha tani tersebut sangat bermanfaat bagi petani di Desa Nangkasawit karena bisa mengurangi biaya produksi.

“Alhamdulillah manfaatnya sangat bagus karena dengan adanya jalan usaha tani ini berarti para petani sudah bisa mengurangi biaya produksi, terutama untuk biaya angkutan yang biasanya sangat besar karena kendaraan tidak bisa masuk. Nah sekarang setelah dibuka jalan usaha tani, alhamdulillah para petani sangat merasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Heri menyampaikan bahwa pembangunan jalan usaha tani direncanakan sepanjang 600 meter, namun belum bisa diselesaikan sepenuhnya. Dia berharap mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten untuk merampungkannya.

“Jalan ini kami buat sepanjang 600 meter, baru 275 meter yang sudah rabat beton menggunakan anggaran dari Dinas Pertanian sebesar Rp 70.000.000 dan swadaya masyarakat Rp18.220.000. Untuk talud baru 80 meter menggunakan anggaran DD (Dana Desa) Rp67.000.000,” ungkapnya.

Selain itu pada kegiatan Gebrak Gotong Royong di Desa Nangkasawit juga dilaksanakan pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) dari Pemkab Purbalingga yang bekerjasama dengan PMI Purbalingga.

Penerima bantuan RTLH, Mukhali, merasa bersyukur dirinya bisa mendapatkan bantuan tersebut sehingga bisa memiliki rumah yang layak huni.

“Terima kasih sekali kepada Ibu Bupati, saya dapat bantuan bedah rumah,” ungkapnya senang. (DHS/Kominfo)

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HERI SUCIPTO

Sekretaris Desa

DOYO UTOMO, S.A.P.

Kaur Perencanaan

SYARIF SUTIRTO SARI

Kasi Pemerintahan

KARNIA WINANTI

Kaur Keuangan

DWI MEILANI, S.Pd.I

Kasi Kesejahteraan

TRIANI

Kepala Dusun II

EDI SETIYONO, S.Pd

Kepala Dusun I

RASWIN

Kasi Pelayanan

KARSO

Kaur Tata Usaha dan Umum

NOVITARINI

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Nangkasawit

Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-7.3997726
Longitude:109.4725976

Desa Nangkasawit, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga - Jawa Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa